Kamis, 02 Mei 2013

Tempat Wisata Pangkep

Dalam tugas sejarah ini, akan dijelaskan beberapa tempat wisata di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Penjelasan ini dibagi menjadi 2, yaitu: Wisata Bahari, dan Wisata Purbakala.
A. Wisata Bahari
a. Taman Laut Kapoposang  
    Wisata bahari di Pulau Kapoposang kecamatan Liukang Tupabiring telah dikelola oleh pihak swasta bekerjasama dengan Pemkab Pangkep. Disamping pantai pasir putih serta laut yang tenang, juga akan disuguhi taman laut berupa terumbu karang berbagai jenis yang dilengkapi dengan ikan hias beraneka warna.  Selain menyuguhkan alam pantai yang natural, juga dilengkapi dengan berbagai perlengkapan untuk menyelam (diving) dan snorkling.
 











b. Taman rekreasi dan permandian alam Mattampa
    Untuk permandian alam Mattampa yang berada dalam kawasan wisata Mattampa, kini tengah ditata. Sebagai kawasan wisata, dilengkapi dengan dua kolam renang yang berskala nasional, taman permainan, gua bersejarah hingga museum karts yang memiliki koleksi buku-buku karts.


c. Taman Purbakala Sumpang Bita
    Bertempat di Kecamatan Balocci. Di kawasan ini, yang menjadi obyek utama adalah tangga seribu yang dipuncaknya memiliki gua peninggalan bersejarah berupa tapak tangan dan kaki para nenek moyang.
        Dalam areal obyek wisata ini, merupakan perpaduan antara wisata agro yang memiliki tanaman berbaga macam serta taman yang indah.




B. Wisata Purbakala
 a. Leang Pa'niki
    Obyek wisata yang berada di kawasan Resort Tondong Tallasa Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I yakni obyek wisata penelusuran gua alam Leang Pa’niki. Leang Pa’niki merupakan gua berair untuk melakukan eksplorasi di butuhkan peralatan pendukung penelusuran gua serta perahu karet atau pelampung. Ornamen-ornamen yang terdapat dalam gua sangat indah dan menakjubkan. Penelusuran gua ini hanya di peruntukkan bagi kegiatan wisata minat khusus.

b. Leang Lonrong
    Leang Lonrong merupakan gua alam di dalam gua terdapat sungai bawah tanah yang keluar melalui mulut gua leang lonrong dengan debit air cukup stabil sepanjang tahun, gua ini cukup panjang dan luas. Selain sebagai tempat wisata tirta, air yang keluar dari dalam gua dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar gua dan PT. Semen Tonasa dalam memnuhi kebutuhan air bersih. Fasilitas pendukung kegiatan wisata yang telah ada diantaranya kolam permandian, shelter, baruga, jembatan penyeberangan dan tempat ganti pakaian. Lokasi Leang Lonrong secara adminstraslil pemerintahan berada di Desa Panaikang Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep.

c. Leang Kassi
     Leang Kassi merupakan situs prasejarah yang terdapat Di wilayah Resort Minasate’ne. Di Resort Minasatene memang terdapat beberapa situs prasejerah diantaranya Leang Kassi, Leang Lompoa dan Sakapao. Situs-situs prasejarah ini berada dalam satu gugusan karst yang letaknya agak berdekatan dan tidak jauh dari jalan poros, selain itu situs-situs prasejarah telah dilengkapi fasilititas pendukung seperti jalan trail, papan informasi, papan petunjuk, shelter dan pagar pengaman.





   
    Leang ini di kelola oleh Dinas Pelestarian dan Peninggalan Prubakala (BP3) Mks, leang kassi memiliki sumber mata air yang dimanfaatkan sebagai sumber air bersih oleh PDAM Kab. Pangkep dan irigasi. Selain itu sumber air leang kassi dijadikan juga sebagai permandian alam, bagi masyarakat. Setiap hari minggu permandian ini ramai dikunjungi pengunjung baik masyarakat sekitar maupun masyarakat lokal. Dipermandian alam ini kita juga dapat menikmati terapi ikan garra rufa namun oleh masyarakat sekitar ikan ini lazim disebut ikan Pai-Pai.
d. Leang Lompoa (Tapak Prasejarah di Leang Sakapao)
    Gua ini berada di atas tebing karst Minasate’ne memiliki gambar-gambar peninggalan prasejarah berupa gambar babirusa dan telapak tangan yang menurut beberapa pakar arkeologi kualitas gambarnya jauh lebih baik dibandingkan dengan yang ada di kawasan Taman Purbakala Leang-Leang

C. Jenis tempat wisata dan jumlahnya
Jenis lokasi rekreasi/wisata yang ada :
  • Gua 30 obyek
  • Kolam renang 12 obyek
  • Air terjun 4 obyek
  • Pegunungan 16 obyek
  • Sungai 7 obyek
  • Berikut ini beberapa tempat wisata di Kabupaten Pangkep.
  • Permandian alam Mattampa
  • Taman Purbakala Sumpang Bitta
  • Leang Bulu Ballang
  • Leang Kassi
  • Pantai Biring Kassi
  • Alam Tabo-tabo
  • Permandian Pasanggang
  • Permandian Amputtang
  • Air Terjun Gollaya
  • Air Terjun Guda Tagari
  • Permandian Ere Tallasa
  • Permandian Leang Lonrong
  • Permandian Senggerang
  • Pasir Putih Pulau Langkadeya
  • Pulau Camba-Cambayya
  • Taman Laut Sabalana
  • Pulau Burung (Saregge)
  • Lapangan Golf Tonasa





















0 komentar:

Posting Komentar